Tips Saat Berbicara di Depan Umum

10 Tips untuk Public Speaking atau pada waktu anda ngomong di depan orang banyak yaitu adalah sebagai berikut.
Merasa beberapa gugup sebelum memberikan pidato adalah alami dan bahkan menguntungkan, tapi terlalu banyak kegugupan dapat merusak.
Berikut adalah beberapa tips terbukti bagaimana mengontrol kupu-kupu dan memberikan presentasi yang lebih baik:

1. Tahu materi Anda. Pilihlah topik yang Anda tertarik Ketahui lebih banyak daripada yang Anda sertakan dalam pidato. Menggunakan humor, kisah-kisah pribadi dan percakapan bahasa – dengan cara itu Anda tidak akan dengan mudah melupakan apa yang harus kukatakan.

2. Practice. Practice. Praktek! Berlatih keras dengan semua peralatan anda berencana untuk menggunakan. Merevisi bila perlu. Bekerja untuk mengendalikan kata-kata pengisi; Practice, jeda dan bernapas. Praktek dengan timer dan memberikan waktu yang tak terduga.

3. Tahu penonton. Menyapa beberapa penonton saat mereka tiba. Lebih mudah untuk berbicara kepada sekelompok teman daripada orang asing.

4. Tahu ruangan. Datang lebih awal, berjalan di sekitar area dan praktek berbicara menggunakan mikrofon dan alat bantu visual.

5. Tenang. Mulailah dengan berbicara kepada penonton. Ini membeli waktu Anda dan menenangkan saraf Anda. Jeda, tersenyum dan hitung sampai tiga sebelum berkata apa-apa. ( “Satu satu-seribu, dua satu-seribu, tiga satu-ribu. Tunda. Begin.) Transform energi gugup menjadi antusiasme.

6. Visualisasikan diri Anda memberikan pidato Anda. Bayangkan diri Anda berbicara, suara Anda keras, jelas dan percaya diri. Visualisasikan para penonton bertepuk tangan – ini akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

7. Sadarilah bahwa orang-orang yang ingin Anda berhasil. Audiens ingin Anda menarik, menstimulasi, informatif dan menghibur. Mereka rooting untuk Anda.
8. Jangan minta maaf untuk segala kegugupan atau masalah – penonton mungkin tidak pernah melihatnya.

9. Berkonsentrasi pada pesan – bukan media. Fokuskan perhatian Anda dari kecemasan Anda sendiri dan memusatkan perhatian pada pesan dan audiens Anda.

10. Mendapatkan pengalaman. Terutama, Anda harus berbicara mewakili Anda – sebagai sebuah otoritas dan sebagai pribadi. Pengalaman membangun kepercayaan diri, yang merupakan kunci untuk berbicara yang efektif. Sebuah klub Toastmasters dapat memberikan pengalaman yang Anda butuhkan di tempat yang aman dan ramah lingkungan.

sekian dulu untuk tips ngomong di depan umum atau di depan orang banyak.

sumber     : http://www.ijolumoet.info

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s